Tipe Dosen Dilihat dari Cara Mengajarnya

Berdasarkan pengalaman gw kuliah dari smester satu sampe saat ini, maka gw mengelompokkan macam-maca tipe dosen dalam berbagai kategori, diantaranya :

Dosen Senin Kamis, tipe ini merupakan tipe yang malas kalau ngajar, biasanya belum waktu habis ngajar , dia udah nutup kuliah bahkan yang lebih ekstrim lagi jumlah pertemuannya kurang. Ni dosen juga gag mau ambil pusing masalah nilai mahasiswa, yang penting rajin ikut kuliah, nilai A atau B  udah pasti ditangan. Gw berasumsi bahwa 90,68% mahasiswa Indonesia menyukai tipe dosen seperti ini dan tipe ini merupakan favorive gw. Namun untuk urusan jangka panjang membahayakan mahasiswa terlebih lagi saat ujian akhir berlangsung, karena proses belajar kurang maka ilmu yang diserap nihil. Jadi tipe dosen seperti sama dengan kata pepatah yang mengatakan ‘bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian.’

Dosen Teori, tipe ini kebalikan dari dosen senin kamis, menurut hemat gw sesuai dengan apa yang gw perhatiin di kampus selama ini hanya 0,32% yang menyukai tipe seperti ini. Cara ngajarnya dari awal hingga akhir kuliah ngjelasin masalah teori mulu, sampe ngantuk merhatiinnya. Kebanyakan mahasiswa menghadapi dosen seperti ini dengan On Line di hape buka FB, Chatting atau SMSan.

Dosen Otoriter, dari arti kata otoriter aja udah mengandung unsur yang negative nih. Dosen seperti ini hanya 9,99% aja yang suka, sisanya mungkin mahasiswa yang lagi Error atau Hang. Bisanya ni dosen menganggap bahwa dia yang paling pintar, terkadang ia dikalahkan oleh kepintarannya sendiri. Mahasiswa didepannya hanyalah anak kecil yang bodoh dan harus diselamatkan dari lembah Kebodohan dan ketidaktahuan. Oia, untuk kritik, saran, tanggapan maupun masukan buat si dosen, nanti dulu deh, bisa berabe coz dia g nerima yang begituan, paling2 didengerin trus dicuekin. Gag jarang dosen seperti ini kerjaannya marah mulu dikelas. Oleh karena itu, tipe dosen seperti ini tidak menghargai Hak Asasi Manusia.

Dosen Militeristis, ngomongin tipe dosen seperti ini berarti kita akan flashback kebelakang seperti menghadapi para penjajah negeri ini. Dosen tipe ini sering menggunakan kontrak politik dengan mahasiswa, artinya ada kesepakatan antara dosen dan mahasiswa, kalo jaman penjajah ada perjanjian Linggajati, Renvile atau Roem-Royen nah kalo dosen ma mahasiswa perjanjianya gag jauh2 dari gag boleh masuk lewat dari 15 menit, rapi, musti pake sepatu dan lain-lain. Seperti peraturan yang udah ditetapkan oleh Fakultas.  Dosen ini juga senang pada formalitas yang berlebihan dan menuntut disiplin yang tinggi dari mahasiswa, jangan heran kalau ntar seluruh mahasiswa wajib mengenakan pakaian ala militer saat jam pelajarannya. Jadi tipe dosen seperti ini bukan tipe yang ideal buat mahasiswa.

Dosen Fahternaslistis, bahasa inggrisnya bapak adalah father, jadi tipe ini mempunyai cara ngajar yang bersifat kebapakan dan kadang-kandang terlalu sentimentil terhadap mahasiswa. Ciri yang dapat kita temukan pada dosen seperti ini diantaranya adalah menganggap mahasiswa sebagai manusia yang tidak dewasa, tidak terlalu merespon terhadap pertanyaan dan saran yang kita ajukan dan kadang-kandang menganggap dirinya mahatahu.

Dosen Kharismatik, dosen tipe ini lain daripada yang lain, seakan-akan dia adalah magnet yang ngebuat mahasiswa terpana oleh cara mengajarnya, bicaranyapun berwibawa. Dikampus gw ada nih dosen beginian, gw heran, hampir semua mahasiswa ngikutin pelajaran dengan tenang dan tegang termasuk gw. Untuk tipe yang satu ini gw g bisa banyak berkomentar.

Dosen Demokratis, mungkin dari semua tipe dosen, tipe inilah yang menguntungkan kedua belah pihak, antara mahasiswa dengan dosen itu sendiri. Mungkin si dosen lebih mementingkan kepentingan mahasiswanya. Ciri-ciri yang dapat gw gambarkan mengenai dosen ini adalah ia senang kalau ada mahasiswa yang ngajukan pendapat atau nanya2, kalau kita terlambat masuk kelas, asalkan alasannya pas, dengan izin Allah dibolehin masuk kelas, trus yang paling mengharukan adalah ia akan membuat mahasiswanya lebih pandai daripadanya, entah bagaimana caranya.

Dari semua tipe dosen yang gw bahas jelaslah bahwa dosen tipe demokratis adalah yang paling terbaik untuk saat ini, mungkin besok, lusa atau tahun depan ada tipe yang lebih baik dari tipe ini beritahu ke gw. Oia, supaya adil, tar gw juga akan meneliti tipe mahasiswa dilihat dari cara belajarnya., jadi ditunggu aja dan itupun lw kalian masih berminat baca tulisan gw. Hehehe..

2 Tanggapan to “Tipe Dosen Dilihat dari Cara Mengajarnya”

  1. Mang Duleh Says:

    haha,.. ditunggu tipe mahasiswanya,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: